Langsung ke konten utama

Tol Laut Kombinasikan Kapal Hingga Pinisi Tembus Kepulauan Indonesia

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat memeriksa kapal Tol Laut di Dernaga Janrud Utara Pelabuhan Tanjung Perak, Senin (4/2/2019).
SURABAYA – Program tol laut empat tahun terakhir memang digeber oleh pemerintah untuk menuju Indonesia terkoneksi secara efektif dan efisien  telah dilakukan dengan mengkombinasikan seluruh transportasi laut dari kapal yang berada di jalur pelayaran besar hingga pelayaran perintis bahkan disambung dengan kapal rakyat (Pinisi) untuk menembus ke kepulauan Indonesia khususnya yang berada dibelahan bagian Timur. 

“Kami telah membangun kapal Tol Laut sebanyak 100 an unit yang dan ditambah lagi kapal rakyat jenis Pinisi juga 100 kapal hingga 90 persen barang kebutuhan pokok terangkut,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi  pada acara seminar Tol Laut dalam rangka Hari Pers Nasional di atas kapal KM Dorolanda di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Senin (4/2/2019).

Bahkan, lanjut budi, sebaliknya hasil-hasil laut dan bumi dari wilayah Indonesia bagian timur sangat diinginkan untuk bisa dibawa Jawa melalui Surabaya sebelum kita bisa mengekspor.
Oleh karena itu,untuk itu, dibutuhkan konektivitas guna menjamin semua itu dapat berjalan.

“Bahwa Tol Laut ini tidak hanya sekedar dari port to port tapi bagaimana N to N artinya bagaimana produsen yang ada di Surabaya itu memastikan barang itu samapai ke konsumen,” jelasnya.

Menurut Menhub Budi, pemerintah tetap konsisten dengan program Tol Laut dimana berupaya untuk mempermudah konektivitas sehingga disparitas harga dapat ditekan bahkan hingga bisa sejajar antara Jawa dan luar Jawa khususnya dibagian Indonesia Timur. Hal itu tentu membutuhkan keseriusan semua pihak yang terkait.

“Keterlibatan pemerintah daerah sangat dibutuhkan,” tegasnya.

Sedang, Direktur Utama PT Pelni Insan Purwarisya L Tobing mengatakan, dalam perkembangannya, kapal-kapal Pelni tidak hanya mengangkut penumpang namun juga dipakai untuk mengangkut barang-barang kebutuhan masyarakat di seluruh Nusantara sehingga konektifitas untuk membawa perdagangan di Indonesia bisa dilakukan dengan kapal pelni.

“Saat ini kapal Pelni sudah bisa menghubungkan dari kapal-kapal yang berada di jalur besar dengan kapal-kapal yang berada di jalur perintis serta juga kita membagun hubungan dengan pelayaran rakyat sehingga distribudi barang dapat mengalir dari tempat industri ke daerah-daerah,” terangnya.

Insan menhelaskan, Pelni di tahun 2018 telah mengangkut 22 ribu TEUs kontainer dan mengangkut sejumlah hampir 9 ribu matrik ton (M/T) general cargo barang-barang yang menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia Timur dan Barat.

“Mungkin di bagian Indonesia Timur untuk menggerakkan industri sehingga ada barang yang dapat diangkut ke Indonesia bagian Barat karen kapal yang kami operatori dari wilayah pelayaran itu sangat cukup spacenya untuk dijembangkan,” harapnya yang ditujukan kepada Menteri Perdagangan yang juga hadir.

Kami berharap, kedepan kita dapat meninggikan load factor kapal yang Pelni operasikan dalam rangka memaksimalkan program Tol Laut.

“Kami pada prinsipnya siap menjalankan program Tol Laut ini dengan optimal,” imbuh Insan.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan adanya tol laut berpengaruh terhadap disparitas harga antara satu daerah dengan lainnya, terutama di kawasan Indonesia Timur.

"Karena tanpa tol laut dalam tiga tahun kedepan berturut-turut kami tidak akan mampu mengendalikan harga kebutuhan pokok yang rata di seluruh Indonesia," ungkap Enggartiasto.

Enggartiasto mengambil contoh pada musim Ramadan dan Lebaran tahun lalu. Karena ada tol laut, distribusi bahan kebutuhan pokok lebih merata dan beban harga konsumsi ke kawasan Indonesia Timur bisa lebih dikendalikan.

"Jadi, ini pendekatannya supply side, karena tidak ada demandnya," pungkasnya. (ruu)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGADUAN: PDAM LAYANI NON STOP 24 MESKI LIBUR

SURABAYA[TitikKomaPost.com] Pastikan kebutuhan air terserap pelanggan dengan baik, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada tetap siaga meski libur lebaran berlangsung. PDAM Surya Sembada Surabaya tidak akan mengurangi pemberian pelayanan pengaduan / teknis sebagaimana biasanya. Demi hal tersebut jajaran direksi berjibaku lakukan sidak langsung terhadap Instalasi Pengelolahan Air Minum (IPAM) dan rumah pompa guna memastikan kualitas, kuantis, dan kontinuitasnya tetap terjaga.

Seperti yang dikatakan Ashari Mardiono Direktur Utama PDAM Surabaya dalam sambutannya diacara buka puasa bersama wartawan dan rekan media di hotel Crown Prince Jl basuki rahmat Surabaya bahwa pihaknya tetap akan memberikan pelayanan seperti sebelumnya hanya saja pelayanan administrasi di liburkan hingga tanggal yang telah ditentukan.

Ashari juga menegaskan bahwa khusus untuk wilayah yang dikeluhkan, mengingat banyak masyarakat Surabaya yang mudik di luar kota Surabaya. PDAM akan menambah kapasitas air di wi…

BOCAH DIPAKSA ML GEGERKAN WARGA PERAK

ASUSILA[TitikKomaPost.com] Heboh beredarnya video mesum yang diperankan anak di bawah umur tak pelak membuat sebagian besar masyarakat khususnya kaum ibu gelisah, hal ini tampak dari raut wajah ibu-ibu yang lagi nunggu anaknya sekolah di salah satu taman kanak-kanak (TK) di Perak Surabaya saat membicarakan hal tersebut.

Mereka geram atas perbuatan yang tidak bermoral itu. Para ibu-ibu itu kesal pada pelaku yang sengaja merekam dan menyuruh anak di bawah umur beradegan mesra layaknya sepasang suami istri. Dalam video berdurasi 4 menit 8 detik tersebut, terlihat seorang bocah laki-laki berusia sekitar 6 tahun dan bocah perempuan yang badanya sedikit lebih besar yang usianya sekitar 8 tahun dengan arahan melakukan hubungan badan.

"Kurang ajar itu yang nyuruh, apa ngak punyak moral kali orang itu," keluh mereka yang engan disebut namanya, Rabu (27/5/2015).

Dari suara yang keluar dari video, perekam merupakan remaja dengan logat jawa yang kental.

Perekam terdengar menyuruh dua anak…

PERMUDAH PENGURUSAN BUKU PELAUT SYAHBANDAR PERAK BERLAKUKAN SISTEM ONLINE

SURABAYA[TitikKomaPost.com] Tingkatkan pelayanan publik pembuatan buku pelaut, Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak memberlakukan sistem informasi berbasis teknologi (IT) yang lebih dikenal sistem online. Dengan sistem ini diyakini akan memberi kemudahan dan mewujudkan pelayanan yang bersih dari praktek-praktek kotor yang dilakukan oknum petugas Syahbandar. Hal itu diyakini Syahbandar Tanjung Perak, Capt. Hari Setyobudi, MM, Jum'at (1/4/2016)

"Dengan pelayanan online ini akan mempercepat proses pelayanan dan yang terpenting akan menghindarkan praktek main mata dengan petugas," ujar Capt. Hari Setyobudi Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, Surabaya saat dikonfirmasi, Jum'at (1/4/2016).

Menurut Hari, manfaat pemberlakukan pengurusan buku pelaut dengan sistem online ini sedikit banyak akan menepis anggapan minor terkait layanan yang disebut-sebut adanya pemberlakukan praktek 'pungli' yang dilakukan oknum syahbandar. Dan yang terpenting dengan dit…