Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari September 9, 2018

Pelindo 3 Kabulkan Loading Bunker Kapal Di Pertamina Buka Lagi

PEMBICARAAN PELINDO 3 DENGAN PERTAMINA TETAP JALAN DI TINGKAT PUSAT

SURABAYA – Tak mau beresiko dengan pelayanan publik di pelabuhan Tanjung Perak, Otoritas Pelabuhan mengabil sikap berkoordinasi dengan pihak Pelindo III terkait pelayanan Benoa Kade Surabaya sebagai station bunker Pertamina yang sepat disegel sehingga kapal-kapal bunker tidang bisa loading meski sudah mengantongi Delivery order (DO).

Kepala Bidang Lalu lintas dan Angkutan Laut, Operasi dan Usaha Kepelabuhanan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak, Hery Suryono mengatakan, dalam menyikapi permasalahan tersebut Otoritas Pelabuhan telah mengadakan pembicaraan dengan pihak Pelindo III untuk menjaga kelancaran operasional di pelabuhan Tanjung Perak.

“Tadi sore pak kepala OP mengadakan pembicaraan dengan pihak Pelindo III melalui CEO Jawa Timur dan disetujui sehingga sekarang pelayanan berjalan normal kembali,” ujarnya kepada titikomapost, Ahad (9/9/2018) malam.

Awalnya kebijakan itu diberlakukan untuk kapal-kapal te…

Agen Ceroboh Kapal LCT Permata-02 Kandas Dengan Muatan Berbahaya

BANYUWANGI – Sudah dua minggu lebih nasib kapal pendaratan tank atau yang lebih dikenal dengan istilah Landing Craft Tank (LCT) Permata-02 hingga saat ini masih kandas diatas karang akibat cuaca buruk di perairan Alas Purwo Banyuwangi. Hal itu dibenarkan Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Ketapang, Banyuwangi, Eka Cakrawala saat dikonfirmasi titikomapost, Rabu (5/9/2018). “LCT Permata 2 masih dalam proses evakuasi oleh Dislam air mengingat kondisi cuaca yg buruk di TKP alas purwo gelombang mencapai 4 meter angin di atas rata2. 30 knot evakuasi belum bisa dilaksanakan menunggu cuaca benar-benar aman,” ujarnya. Menurut Eka, kapal LCT Permata-02 itu kandas disekitar perairan Alas Purwo akibat buruknya cuaca saat kapal melintas dalam perjalanannya dari Surabaya menuju pertambangan emas PT BSI dengan muatan sarat berupa bahan peledak dan cairan kimia menyebabkan kapal terhempas ketepian sehingga nakhoda tidak lagi mampu menyelamatkannya. “Pada saat kapal memasuki pe…

BBM Kapal Langka Akibat Pertamina Disegel Pelindo III

DAMPAK PERSETERUAN PERTAMINA VS PELINDO III KAPAL NYARIS TIDAK BISA LAYAR SURABAYA – Ketegangan yang terjadi antara Pertamina dengan Pelindo III yang berujung penyegelan station pengisian bahan bakar minyak (BBM) melalui bunker laut di Benoa Kade Surabaya praktis tidak bisa dilakukan. Pasalnya, Pelindo III melarang seluruh kegiatan bunker BBM yang dilakukan tongkang-tongkang yang hendak mengisi kapal-kapal di pelabuhan tanjung Perak. “ Lokasi kami di Benoa Kade Surabaya kan ada dispute sehingga diblokir oleh Pelindo. Sementara tidak bisa melayani bunker dari Benoa Kade,” kata Kepala Cabang Surabaya PT Pelni, Presda Simangasing mengutip keterangan dari pihak Pertamina, Ahad (9/9/2018). Penyegelan itu sendiri sudah dilakukan oleh Pelindo III dari beberapa hari yang lalu sehingga kegiatan bunker kapal praktis sangat terganggung dan menyebabkan kegelisahan dikalangan operator kapal. “Sejak hari Kamis (6/9) kemarin kapal bunker tidak bisa loading BBM meski sudah mengantongi delivery order (…