Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Agustus 4, 2018

Evakuasi Korban KM Satya Kencana IX Tuntas Ternyata Satu Meninggal

BANJARMASIN – Evakuasi terhadap seluruh penumpang dan ABK korban kapal KM. Satya Kencana IX yang terbakar telah usai di boyong dari tengah laut dan tiba dengan selamat di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan malam ini (4/8/2018).

Sebagaimana disampaikan sebelumnya, para penumpang kapal KM. Satya Kencana IX dievakuasi ke daratan menggunakan kapal KM. Niki Sae dan kapal KM. Kumala.

"Seluruh penumpang telah berhasil dievakuasi dengan kapal KM. Niki Sae dan KM Kumala dan saat ini KM. Niki Sae dan KM. Kumala telah tiba di Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin," ujar Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Junaidi.

Adapun penumpang dan ABK selamat yang diangkut kapal KM. Niki Sae tiba pujul 18.50 WITA berjumlah 140 orang dan 1 orang penumpang dalam keadaan meninggal. Sedangkan KM. Kumala membawa penumpang dan ABK selamat sebanyak 89 orang tiba pukul 20.10 WITA.

"Berdasarkan laporan dari KSOP Banjarmasin yang saya terima, ada satu orang penumpang dalam kond…

Nasib Ferry Ujung-Kamal Tunggu Keseriusan Pemerintah

SURABAYA - Kondisi penyeberangan kapal feri Ujung Surabaya-Kamal Madura (Ujung-Kamal), kian tragis dan mengenaskan nasibnya. Ironisnya, setelah mengalami jaman keemasan sebagai satu-satunya moda transportasi penghubung antara Surabaya dan Pulau Madura di masa lampau itu harus tak berdaya menghadapi ‘pesaing’ tunggal, Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu).

Bahkan, moda transportasi laut yang dulu pernah jadi primadona itu, perlahan namun pasti terus mengalami penyusutan minat serta jumlah penumpang. Praktis, kondisi tersebut memaksa penyebarangan kapal yang kini dioperatori dua perusahaan pelayaran, PT Dharma Lautan Utama (DLU) dan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) Cabang Surabaya itu tak henti dirundung kerugian dalam setiap operasionalnya.

“Penyeberangan ini tidak boleh mati, untuk itu saya mendukung subsidi lintasan feri Ujung-Kamal. Kebetulan juga saya ada di Badan Anggaran. Jadi, tugas saya merealisasikan apa yang saya katakan. Intinya, apap…

Seluruh Penumpang Selamat Dari Kebakaran Dhasyat KM Satya Kencana IX

SURABAYA – Meski kobaran api tampak membumbung begitu dhasyat menyelimuti KM Satya Kencana IX yang terbakar pada posisi 04-43.67s/ 113-57.81e atau sekitar 54 mil Barat Daya Tanjung Selatan Kalimantan Selatan pada hari ini (4/8/2018) pukul  05.35 WITA seluruh penumpang beruntung berhasil dievakuasi.

"Informasi terakhir, seluruh penumpang telah berhasil dievakuasi dengan life raft dan sekoci KM. Niki Sae termasuk Anak Buah Kapal beserta Nakhodanya. Saat ini KM. Niki Sae sudah bergerak menuju Pelabuhan Trisakti, perkiraan tiba pukul 18.00 WITA," ujar Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Junaidi, Sabtu (7/8/2018).

Kapal KM. Satya Kencana IX dengan rute Surabaya menuju Banjarmasin sebelumnya, dilaporkan terbakar pada posisi 04-43.67 LS/ 113-57.81 BT atau sekitar 54 mil Barat Daya Tanjung Selatan Kalimantan Selatan pada hari ini (4/8) pukul  05.35 WITA.

"Stasiun Radio Pantai (SROP) Banjarmasin melaporkan ada informasi dari kapal KM. Niki Sae bahwa pada tanggal …

Load Factor Tol Laut Masih Rendah Perlu Dukungan Kementerian Terkait

SURABAYA - Pelni sebagai pengemban program Tol Laut pemerintah dipandang masih jauh dari harapan. Pasalnya, dalam pemenuhan barang muatan tak jarang menemui kesulitan, hal itu harus ada dukungan dari kementerian terkait.

Anggota Komisi V DPR RI, Bambang Haryo Soekartono memandang, perlunya dukungan dari Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian maupun Kementerian Pertanian mengingat barang-barang yang diangkut kapal tol laut merupakan jenis barang kebutuhan masyarakat yang terkait erat dengan kementerian tersebut.

“Kita juga mendengar penjelasan dari pihak Pelni sempat malah faktor muat daripada angkutan ini ada salah satu kapal yang tidak lebih dari 50 persen pada awal-awalnya,” ujarnya saat inspeksi mendadak (sidak) di PT Pelni dalam rangkaian kegiatan reses ke daerah pemilihan Jawa Timur I, Jum’at (6/8/2018).

Tentu, lanjut Bambang Haryo, ini sebenarnya tugas dari Kementerian Perdagangan dan kementerian terkait untuk mengisi load factor nya agar tidak terjadi seperti sebelu…