Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Mei 8, 2018

Ditjen Hubla Tingkatkan Kopetensi Auditor ISM CODE

BANDUNG - Guna meningkatkan kompetensi Auditor Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan selenggarakan Internasional Safety Management (ISM) Code angkatan III yang dilaksanakan selama tiga hari dimulai dari 7 - 9 Mei 2018  di Bandung.

"Tujuan kegiatan ini untuk memenuhi amanah Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: PM 45 Tahun 2012 tentang Manajemen Keselamatan Kapal, khususnya pasal 46 di mana seorang auditor diharapkan memiliki kompetensi di bidang manajemen keselamatan kapal, serta Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor: Hk.103/1/16/DJPL-16 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Audit 
Manajemen Keselamatan Kapal," ujar Direktur Perkapalan dan Kepelautan Dwi Budi Sutrisno, Senin (7/5/2018).

Menurut Dwi Budi, penerapan Sistem Manajemen Keselamatan sangat berpengaruh pada penyelenggaraan angkutan laut yang aman, lancar, nyaman, teratur, dan efisien dimana hal ini sangat tergantung pada kondisi kapal yang telah memenuhi persyaratan kelaiklautan kapal. Seperti, penc…

Ditpolair Polda Jatim Sikat Nelayan Nakal Dan Penyelundup Benur

SURABAYA – Ditpolair Polda Jawa Timur rilis hasil tangkapan terhadap dua komplotan pelaku penangkap ikan dengan menggunakan bom ikan (bondet) dan upaya penyelundupan beni udang.

Kasubdit Gakkum Ditpolair Polda Jawa Timur (Jatim), Ajun Komidaris Besar Polisi, Darman, SIK mengatakan, ada dua hasil tangkapan pelaku penangkapan ikan dengan menggunakan bom ikan (bondet), satu dari daerah Pasuruan dan yang satunya dari daerah Sumenep yang maaing-masing empat orang.  Menurutnya, mencari ikan menggunakan bom ikan (bondet) sangat membahayakan lingkungan. Tidak hanya ikan saja yang mati, tetapi biota laut laut lain termasuk karang juga ikut mati dan rusak. 

“Perahu Nelayan Mutiara yang dioperasikan Juhari dan temanya saat melakukan penangkapan ikan di perairan sebelah Barat, 19 April 2018 sekira pukul 01.30 WIB di pulau Gili Raja  menggunakan bondet dengan hasil 10 kg sekali ngebom,” katanya, Senin (7/5/2018).
Sedang ditempat lain, lanjut Darman, Polair juga berhasil menangkap pengebom ikan di wil…