Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Maret 31, 2018

KN Chundamani Tuntas Layani Kegiatan Menteri ESDM Di Waiwerang

FLORES TIMUR – Setelah mengawal prosesi Samana Santa 2018 Larantuka, kapal KN Chundamani milik pangkalan PLP Kelas II Surabaya mendapat tugas melayani rombongan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dalam berbagai kegiatan.

Nakhoda Kapal Patroli KN Chundamani P 116 Pangkalan Penjaga Laut dan Pantai (PLP) Kelas II Surabaya, Capt. Eko Hadi Suyanto mengatakan, dalam kegiatan tersebut menteri ESDM mengawali di pagi hari kegiatan surve arus bawah laut untuk pembangkit listrik tenaga arus laut.

“Setelah itu rombongan melanjutkan ke Waiwerang untuk kegiatan menteri ESDM menyerahkan bantuan lampu tenaga surya,” kata Capt. Eko, Sabtu (31/3/2018).
Dalam lawatan itu, lanjut Capt. Eko, kami mengawal rombongan menteri ESDM yang disertai Dirjen ESDM, Gubenur NTT, Bupati Flores Timur, Direktur PLN NTT, Staff Ahli Menteri dan anggota DPR.

“Sekira pukul 16.00 Wita rombongan kembali ke Larantuka dan tepat pukul 17.00 Wita kapal sandar di pelabuhan Larantuka,” terangnya.

Sementara itu,…

Kebakaran Di Perairan Pelabuhan Semayang Akhirnya Mampu Diatasi Tim KSOP Balikpapan

BALIKPAPAN – Dugaan terjadi kebakaran Tanker di perairan Semayang Balikpapan ditepis Kepala Kantor KSOP Kelas I Balikpapan, Sanggam Marihot. Pasalnya, kebakaran itu terjadi pada tali pengikat dan Inflatable Life Raft (ILR) yang terjadi di atas kapal MV. Ever Judger berbendera Panama dengan muatan batubara sehingga menimbulkan asap hitam.

“Bukan kapal tankernya yang terbakar melainkan tali pengikat dan ILR (peralatan kapal) yang terbakar sehingga menimbulkan asap hitam tebal,” terang Sanggam, Sabtu (31/3/2018).

Sanggam mengaku, dalam kejadian itu KSOP Balikpapan berhasil melokalisir dengan cepat sehingga kebakaran tersebut tidak meluas. Menurut Sanggam bahwa ada 2 (dua) peristiwa yang terjadi di wilayah Pelabuhan Semayang yang waktunya hampir bersamaan yaitu tumpahan minyak dan kebakaran tali kapal tanker.

"Saat ini api sudah berhasil dipadamkan pada pukul 12.30 WITA dan tidak ada korban jiwa atas peristiwa kebakaran tersebut," ujar Sanggam.

Adapun kapal dengan GT 44060 yang memp…