Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Januari 4, 2018

Tug Boat Pelindo III Disinyalir Sumbang Kecelakaan MV Action Trader

GRESIK – Kejadian kecelakaan laut kapal MV Action Trader saat hendak sandar di TUKS PT Petrokimia Gresik yang berakhir menghantam Moorin Dolphin dermaga ternyata tidak hanya faktor kuatnya arus seperti yang dikatakan kepala KSOP Gresik sebelumnya. Namun dalam fakta dilapangan didapat ketidak mampuan dua kapal tunda tug boat (TB) Maiden II dan Medelin III tidak dalam posisi membantu olah gerak kapal tersebut.

“Bukan human error tapi lebih ke teknis terkait tug boatnya dan faktor alam,” terang Kepala kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pekabuhan (KSOP) Kelas II Gresik, Agustinus Maun, ST.MM, Kamis (4/1/2017).

Secara teknis, lanjut Maun, artinya kedua tug boat itu baik Madelin III dan Maiden II tidak dapat meraih kapal MV Action Trader untuk mengikarkan tali sehingga tidak bisa menjalankan tugasnya untuk membantu olah gerak kapal saat hendak sandar di dernaga TUKS Petrokimua Gresik.

“Teknis karena kapal tug boat yang akan mengambil posisi pasang tali  di kapal MV Action tidak bisa mengejar l…

KSOP Gresik Mediasi Pihak-pihak Pasca Hancurnya Dolphin TUKS Petrokimia

GRESIK – KSOP Kelas II Gresik lakukan mediasi antara kedua belah pihak pasca kecelakaan kapal MV Action Fander yang menghancurkan Moorin  Dolphin Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) PT Petrokimia Gresik dua hari lalu.

Kepala kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Gresik, Agustinus Maun, ST.MM mengatakan, setelah kejadian kapal MV Action Fander menghantam moorin dolphin di pelabuhan TUKS Petrokimia itu, pihaknya tak menunggu waktu lama segera mengundang pihak-pihak yang terkait baik dari PT Petrokimia Gresik maupun Pelindo III serta Asuransi guna membicarakan penyelesaian dari masalah tersebut.

“Kami baru saja selesai memediasi antara Petrokimia dan Pelindo III yang intinya mencari jalan keluar penyelesaiannya,” ujar Maun sesaat setelah mediasi yang bertempat di kantor KSOP Kelas II Gresik, Rabu (3/1/2018) sore.
Dalam mediasi itu, lanjut Maun, kedua belah pihak antara Petrokimia dan Pelindo III bersepakat untuk mempercepat proses agar pembangunaan kembali dolph…