Langsung ke konten utama

Ternyata KM Mutiara Ferindo Nekat Isi BBM Pakai Tangki

NYAWA RATUSAN PENUMPANG DIPERTARUHKAN SAAT ISI BBM, BAGAIMANA PENGAWASANNYA
Kapal KM Mutiara Ferindo I saat sandar di Dermaga Jamrud Utara Pelabuhan Tanjung Perak, Sabtu (8/9/2018) malam.
SURABAYA – Dibalik kericuhan masalah bunker kapal yang tidak bisa loading ternyata operator kapal PT ALP nekat mengabil resiko KM Mutiara Ferindo I lakukan pengisian bahan bakar minyak (BBM) dengan cara tangki darat dimasukkan keatas kapal yang sarat dengan muatan, Sabtu (8/9/2018) tengah malam.
Ditengah persoalan antara Pelindo 3 dengan Pertamina yang membuat kapal bunker tidak bisa lakukan pengisian akibat staation pengisian Benoakade Surabaya dilarang, kapal KM Mutiara Ferindo mempertaruhkan ratusan penumpangnya yang sudah berada diatas kapal. Pasalnya, takut tertunda berangkat berlayar menuju Balikpapan, sekitar 50 ton bbm diisikan melalui mobil tangki meski aturan pelarangan itu sudah jelas.
“Ya ngak boleh-lah pengisian dengan tangki darat, kan sudah ada aturan dari Direktur KPLP,” kata Kepala Bidang Lalu lintas dan Angkutan Laut, Operasi dan Usaha Kepelabuhanan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak, Hery Suryono, Senin (10/9/2018).
Berbeda dengan kapal KM Niki Sae yang sama-sama posisi di Tanjung Perak tidak mau mengambil resiko dengan kelangkaan BBM pada saat itu, operator pilih keselamatan armadanya dengan memerintahkan kapal lego jangkar sambil menunggu kondisi normal. Dan langkah itu terjawab karena pada hari berikutnya, Senin (10/9) dini hari bunker sudah bisa dilakukan.
“Alhamdulillah sudah Pak, Senin subuh sudah bisa loading,” kata Durektur Operasional PT Dharma Lautan Utama, Rahmatika.
Sedang upaya terbukanya kembali bunker kapal itu, lanjut Hery, tidak terlepas dari kerja keras Otoritas Pelabuhan telah mengadakan pembicaraan dengan pihak Pelindo III untuk menjaga kelancaran operasional di pelabuhan Tanjung Perak agar pengisian bbm bisa nirmal kembali.
“Tadi sore pak kepala OP mengadakan pembicaraan dengan pihak Pelindo III melalui CEO Jawa Timur dan disetujui sehingga sekarang pelayanan berjalan normal kembali,” ujarnya kepada titikomapost, Ahad (9/9/2018) malam.
Untuk itu, baik Syahbandar maupun Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak harus lebih melakukan pengawasan terhadap kegiatan pengisian bbm kapal yang tidak sesuai dengan aturan. Apapun dalilnya kalau dapat membahayakan keselamatan orang banyak maka itu merupakan suatu perbuatan yang dapat dinilai mengangkangi peraturan.
Perihal lolosnya pengisian BBM yang dilakukan kapal KM Mutiara Ferindo I, pihak terkait harus dapat memberi keterangan bagaimana itu bisa terjadi sehingga hal serupa tidak akan terjadi lagi lebih-lebih dilakukan diatas kapal yang sarat penumpang dan dilakukan pada malam hari dengan mobil tangki. (RG)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGADUAN: PDAM LAYANI NON STOP 24 MESKI LIBUR

SURABAYA[TitikKomaPost.com] Pastikan kebutuhan air terserap pelanggan dengan baik, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada tetap siaga meski libur lebaran berlangsung. PDAM Surya Sembada Surabaya tidak akan mengurangi pemberian pelayanan pengaduan / teknis sebagaimana biasanya. Demi hal tersebut jajaran direksi berjibaku lakukan sidak langsung terhadap Instalasi Pengelolahan Air Minum (IPAM) dan rumah pompa guna memastikan kualitas, kuantis, dan kontinuitasnya tetap terjaga.

Seperti yang dikatakan Ashari Mardiono Direktur Utama PDAM Surabaya dalam sambutannya diacara buka puasa bersama wartawan dan rekan media di hotel Crown Prince Jl basuki rahmat Surabaya bahwa pihaknya tetap akan memberikan pelayanan seperti sebelumnya hanya saja pelayanan administrasi di liburkan hingga tanggal yang telah ditentukan.

Ashari juga menegaskan bahwa khusus untuk wilayah yang dikeluhkan, mengingat banyak masyarakat Surabaya yang mudik di luar kota Surabaya. PDAM akan menambah kapasitas air di wi…

BOCAH DIPAKSA ML GEGERKAN WARGA PERAK

ASUSILA[TitikKomaPost.com] Heboh beredarnya video mesum yang diperankan anak di bawah umur tak pelak membuat sebagian besar masyarakat khususnya kaum ibu gelisah, hal ini tampak dari raut wajah ibu-ibu yang lagi nunggu anaknya sekolah di salah satu taman kanak-kanak (TK) di Perak Surabaya saat membicarakan hal tersebut.

Mereka geram atas perbuatan yang tidak bermoral itu. Para ibu-ibu itu kesal pada pelaku yang sengaja merekam dan menyuruh anak di bawah umur beradegan mesra layaknya sepasang suami istri. Dalam video berdurasi 4 menit 8 detik tersebut, terlihat seorang bocah laki-laki berusia sekitar 6 tahun dan bocah perempuan yang badanya sedikit lebih besar yang usianya sekitar 8 tahun dengan arahan melakukan hubungan badan.

"Kurang ajar itu yang nyuruh, apa ngak punyak moral kali orang itu," keluh mereka yang engan disebut namanya, Rabu (27/5/2015).

Dari suara yang keluar dari video, perekam merupakan remaja dengan logat jawa yang kental.

Perekam terdengar menyuruh dua anak…

PERMUDAH PENGURUSAN BUKU PELAUT SYAHBANDAR PERAK BERLAKUKAN SISTEM ONLINE

SURABAYA[TitikKomaPost.com] Tingkatkan pelayanan publik pembuatan buku pelaut, Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak memberlakukan sistem informasi berbasis teknologi (IT) yang lebih dikenal sistem online. Dengan sistem ini diyakini akan memberi kemudahan dan mewujudkan pelayanan yang bersih dari praktek-praktek kotor yang dilakukan oknum petugas Syahbandar. Hal itu diyakini Syahbandar Tanjung Perak, Capt. Hari Setyobudi, MM, Jum'at (1/4/2016)

"Dengan pelayanan online ini akan mempercepat proses pelayanan dan yang terpenting akan menghindarkan praktek main mata dengan petugas," ujar Capt. Hari Setyobudi Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, Surabaya saat dikonfirmasi, Jum'at (1/4/2016).

Menurut Hari, manfaat pemberlakukan pengurusan buku pelaut dengan sistem online ini sedikit banyak akan menepis anggapan minor terkait layanan yang disebut-sebut adanya pemberlakukan praktek 'pungli' yang dilakukan oknum syahbandar. Dan yang terpenting dengan dit…