Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Desember 4, 2017

TKBM Tanjung Perak Tanda Tangani Kain ' Mori ' Tolak SKB Menteri Baru

SURABAYA – Pandang menyimpang dari amanah hadirnya Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, buruh menggelar aksi damai menolak draf Surat Keputusan (SK) yang akan ditandatangani bersama oleh Menteri Perhubungan, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Koperasi.

"Kami menggalang tanda tangan dari seluruh pekerja pelabuhan untuk menolak penandanganan draf SK itu ," ujar Ketua Umum Koperasi TKBM Usaha Karya Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Agus Rijanto saat dikonfirmasi di Surabaya, Senin (4/12/2017).

Sebenarnya, lanjut Agus, instruksi dari induk koperasi TKBM dan tim eksistensi koperasi agar kita lakukan demo bersama tapi pihak serikat memilih aksi damai tanda tangan dibubuhkan di atas kain warna putih sejenis mori (kain kafan) sepanjang 15 x 1,5 meter yang mulai pukul 10.00 WIB tadi pagi, yang disodorkan kepada para pekerja yang sedang bekerja di seluruh dermaga dan terminal wilayah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

"Kami menggelar aksi dam…

Kasus Dwelling time Tanjung Perak berakhir Happy Ending Untuk Djarwo dan Istri

SURABAYA – Akhir babak persidangan Kasus tindak pidana khusus yakni pugutan liar (Pungli) Dweling Time di PT Pelindo III (Persero) dengan tersangka Djarwo Suryanto dan Mieke Yolanda Fransiaka yang dikemas dalam kasus tindak pidana biasa pemerasan berakhir bebas.

Mantan Dirut PT Pelindo III Djarwo Suryanto  dan  Mieke Yolanda Fransiska alias Nonik (istri Djarwo.red) difonis bebas  oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya yang diketuai Maxi Sigerlaki . Hal itu tertuang dalam amar putusan setebal 205 halaman itu, Senin (4/12/2017).

Majelis hakim  menyatakan tidak menemukan unsur pidana yang didakwakan Jaksa Penuntut Umum (JPU), yakni melanggar pasal 368 ayat 1 KUHP tentang Pemerasan. Dimana menurutnya,  Djarwo Suryanto sebagai terdakwa 1 sudah sepatutnya bebas karena majelis hakim tidak menemukan peranan terdakwa sebagaimana dalam dakwaan jaksa. 

Menurut majelis hakim bahwa terdakwa Djarwo dianggap bukan sebagai pengambil keputusan saat Terdakwa Firdiat Firman (berkas terpisah) me…

Pelabuhan Gresik Tak Terjamah Aksi Demo TKBM

GRESIK – Mogok kerja yang diserukan tenaga kerja bongkar muat (TKBM) pelabuhan serempak diseluruh Indonesia bukan ancaman semata, khususnya di Gresik para pekerja memilih unjuk rasa dengan membawa sepanduk penolakan SKB 3 Menteri di depan TUKS Petro Kimia dan Siam Terminal Maspion (STM), Senin (4/12/2017).

“Kami melakukan demo ini sebagai bentuk solidaritas yang juga dilakukan rekan-rekan di daerah lain dan menjalankan intruksi Induk koperasi pusat,” ujar Maryono Ketua Koperasi TKBM Pelabuhan Gresik.

Disamping dua lokasi tersebut, lanjut Maryono, aksi mogok itu juga dilakukan ditempat lain, seperti PT wilmar, PT Semen Gresik yang waktunya pun sesuai petunjuk dari intruksi koperasi pusat.

“Aksi demo itu kita lakukan 2 sampai 3 jam setelah itu bekerja seperti biasa,” jelasnya.
Maryono juga menambahkan, kalau kegiatan ini hanya dilakukan saat ini saja sedangkan besok tetap kerja seperti sebelumnya.
“Aksinya hari ini saja dan besok seperti biasa, kecuali ada instruksi dari pusat (Inkop TKBM.re…