Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari November 11, 2017

KLM Ksatria Airlangga RS Terapung Pertama Di Dunia

SURABAYA - Kapal pinisi yang diberi nama Ksatria Airlangga yang difungsikan sebagai rumah sakit terapung milik Ikatan Alumni Universitas Airlangga resmi lakukan tugasnya pasca diresmikan, Sabtu (11/11/2017) di dermaga Syahbandar Tanjung Perak siap layani masyarakat kepulauan terpencil.

Kapal yang menggunakan kerangka kayu yang mempunyai panjang 27 meter dan lebar 7.2 meter itu menggunakan mesin Yanmar 240 PK mampu berlayar dengan kecepatan hingga 9 knot itu dibangun di desa Boddya Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan.

"Kapal sangat stabil dan cukup laju karena didukung bentuk body mekar dengan draff pendek sehingga dapat masuk di perairan yang dangkal," ujar KKM kapal, Arjal disela-sela peresmian pengoperasian KLM Ksatria Airlangga, Jum'at (11/11/2017) di dermaga kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak.

Arjal juga mengaku kalau kapal yang memiliki dua kamar operasi itu diawaki 6 orang kru dan juga dilengkapi alat keselamatan yang memadai. Menurut Dia, …

Siam Maspion Terminal Akan Gandeng Puskesmas Efektifkan First Aid Clinic

GRESIK - Dukung amanah  Peraturan Menteri Tenaga Kerjaan dan Transmigrasi no 15 tahun 2008 tentang pertolongan pertama pada kecelakaan di tempat kerja. PT Siam Maspion Terminal (SMT)  akan menghidupkan kembali dengan menggandeng Puskesmas Manyar. Hal itu diungkapkan salah satu direktur SMT, Marianus Oei kepada titikkomapost.com, Jum'at (10/11/2017).

"Fasilitas First Aid Clinik di tempat kami sebetulnya sudah ada dan lengkap dengan tenaga medis yang sudah tersertifikasi. Namun karena tingkat kecelakaan rendah maka lokalnya jarang terpakai," ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Jum'at (10/11/2017).

Namun begitu, lanjut Marianus, pihaknya tetap menjalankan amanah Peraturan yang ada dengan menyiagakan sumber daya manusia (SDM) khusus sebagai tenaga medis First Aid Clinik.

"Sementara ini, bila terjadi kecelakaan kerja lebih dilakukan penanganan langsung membawa korban ke rumah sakit yang sudah ada kerjasamanny dalam hal ini RS Ibnu Sina Gresik," jelasnya.

Sed…

'Si Bombang' Sang Lumba-lumba Resmi Jadi Maskot Keselamatan Pelayaran

JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan meluncurkan maskot keselamatan pelayaran yang diberi nama "si Bombang" guna kampanyekan keselamatan pelayaran, Jum'at (10/11/2017) di Pelabuhan Kaliadem, Jakarta.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Capt. Rudiana menyebutkan bahwa maskot keselamatan pelayaran "si Bombang" merupakan salah satu bagian dari upaya Pemerintah menyadarkan kembali masyarakat pengguna jasa transportasi laut akan pentingnya keselamatan pelayaran.

"Saya rasa perlu sekali kita sebagai Pemerintah untuk terus tiada henti mengingatkan masyarakat pengguna jasa transportasi laut akan pentingnya keselamatan pelayaran, terlebih di Pelabuhan Kaliadem ini banyak masyarakat yang memanfaatkan kapal tradisional untuk berlibur ke Kepulauan Seribu," ujar Capt. Rudiana.

Lebih lanjut, Rudiana mengatakan, pemilihan lokasi kampanye Keselamatan Pelayaran tahun ini yang berada di Pelabuhan Kaliadem Jakarta dilatarbelak…