Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Oktober 30, 2017

Konsekuensi RIP KSOP Gresik Siap Lepas Sebagian DLKr dan DLKp

GRESIK - Rencana induk pelabuhan (RIP) Tanjung Perak yang telah ditetapkan membawa konsekuensi besar terhadap DLKr dan DLKp kewenangan KSOP Gresik. Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gresik, Agustinus Maun kepada titikkomapost, Jumat ( 27/10/2017).

"Penetapan RIP itu tentu akan menjadi pertimbangan bagi kami untuk menyoal masalah DLKr dan DLKp agar dapat lebih maksimal dan fokus melakukan penataan serta pengembangan pemanfaatannya," ujar Maun.

Menurut Maun, dalam Undang Undang nomer 17 tahun 2008 tentang Pelayaran dijelaskan bahwa, Daerah Lingkungan Kerja (DLKr) adalah wilayah perairan dan daratan pada pelabuhan atau terminal khusus yang digunakan secara langsung untuk kegiatan pelabuhan. Sedangkan, Daerah Lingkungan Kepentingan (DLKp) adalah perairan di sekeliling daerah lingkungan kerja perairan pelabuhan yang dipergunakan untuk menjamin keselamatan pelayaran.

"Khususnya DLKr meliputi wilayah daratan dan perairan, sementara …

KPLP Bagikan 300 Life Jacket Kampanyekan Keselamatan Pelayaran

BANDA ACEH - Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Dirjen Hubla Kementerian Perhubungan selaku pengawas keselamatan pelayaran memberikan bantuan 300 unit Life Jacket kepada asosiasi/pengusaha kecil pelayaran rakyat dan nelayan di Banda Aceh pada hari ini (30/10/2017).

“Pemberian bantuan Life Jacket ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya musibah di laut terutama yang disebabkan karena faktor manusia,” ujar Direktur KPLP Marwansyah saat memberikan pengarahan pada kegiatan Sosialisasi Peralatan Keselamatan Pelayaran di Kantor KSOP Malahayati, Banda Aceh (30/10/2017).

Menurut Marwansyah, Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar masih tetap membutuhkan pelayaran rakyat sebagai salah satu moda transportasi penghubung antar pulau. Dia mengakui, pelayaran rakyat biasanya mempertahankan nilai-nilai budaya masyarakat setempat yang dikelola secara tradisional serta lebih mengedepankan kedekatan emosional antara pemilik kapal dan operatornya yang biasanya juga masih kerab…