Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari September 11, 2017

Bouy Sering Menjadi Korban Tabrak Lari Kapal

NAVIGASI PANDANG PERLU LENGKAPI BOUY DENGAN Ais AtoN

SURABAYA – Rendahnya sportifitas dari kapal-kapal yang melintas di dalam alur pelayaran barat maupun timur Surabaya tatkala menabrak sarana navigasi khususnya Bouy yang ditinggalkan begitu saja sangat merugikan negara. Pasalnya banyak bouy rusak bahkan hilang tanpa diketahui siapa pelakunya, sehingga diperlukan satu teknologi yang bisa membaca dan merekam kejadian tersebut hingga mengidentifikasinya.

“Hingga akhir bulan Agustus 2017 ada 3 Bouy yang rusak akibat ditabrak kapal bahkan sanpai rusak tidak dapat berfungsi lagi dan harus dilakukan perbaikan,” ujar Kepala Distrik Navigasi Kelas I Surabaya, Basar Antonius, Senin (11/9/2017).

Basar mengatakan, hingga kini masih saja terjadi tabrak lari terhadap Bouy yang dipasang sepanjang Alur Pelayaran Barat Surabaya ( APBS) seperti yang terbaru di bulan Agustus kemarin pada Bouy yang dipasang di tongkang Dewaruci ditabrak oleh pemilik  tongkang juga sehingga bergeser ke arah alur. Disamping …

Direktur KPLP : Kerja Anggota Dilapangan Sudah Sesuai Tupoksi

JAKARTA –  Kabar yang menyebut anggota KPLP termasuk patroli yang diduga nakal di perairan dianggap berlebihan oleh Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Marwansyah, pasalnya,dalam menjalankan tugas anggota dilapangan sudah sesuai dengan tupoksinya. Khususnya di wilayah Kalimantan, ada tugas KPLP yang dijalankan salah satunya oleh kapal KN Cundamanik.

“Kami senantiasa memonitor dan memastikan bahwa Nakhoda dan ABK KN. Cundamanik tidak pernah melakukan pemerasan dan pungli saat melaksanakan tugas dalam melaksanakan penegakan hukum dan pengawasan keselamatan dan keamanan pelayaran,” ujarnya kepada titikkommapost.com, Senin (11/9/2017).

Menurut Marwansyah, munculnya KPLP disebut-sebut karena sebelum nya beredar di Whatsapp dan media sosial surat dari salah satu pengguna jasa pelayaran yang memprotes banyaknya pemeriksaan di atas kapal oleh instansi-instansi di perairan.

“Beredarnya surat aduan tersebut telah ditindaklanjuti oleh KSOP kelas I Banjarmasin dengan memanggil par…