Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari September 9, 2017

KPLP Dituding Salah Satu Pemain Patroli Nakal

SURABAYA – Keluhan dari salah satu pelaku bisnis Barging & Transporting Services PT Sarana Agung Line asal Balikpapan yang disampaikan kepada DPRI RI atas kenakalan oknum aparat di atas perairan pada bulan Juli 2017 lalu dibenarkan Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas II Surabaya, Wawan. Namun, Hal itu dianggapnya berlebihan, pasalnya tudingan yang ditujukan kepada institusinya itu tidak sepenuhnya benar.


“Sudah menjadi tugas kami diperairan Indonesia memeriksa  kapal-kapal guna memastikan tidak ada masalah terkait dokumen kapalnya dan hanya sebatas itu,” ujar Wawan kepada titikkomapost.com, Jum’at (8/9/2017).

Memang benar lanjut Wawan, ada salah satu perusahaan servis tongkang di Balikpapan yang merasa keberatan dengan pola nakal oknum aparat yang selalu memeras di atas perairan bertahun-tahun. Dicatutnya nama institusi KPLP dalam surat yang disampaikan perusahaan tersebut kepada dewan membuat salah satu kapal patrolinya yang aktif beroperasi di perairan Kalimanta…

BKI Mulai Berlakukan Survey Air Balas Kapal

JAKARTA - Guna menjaga keseimbangan ekosistem dan biota laut serta mencegah penyebaran invasive species akibat pembuangan air balas yang dilakukan kapal, PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero)/BKI mulai melakukan survey dan sertifikasi untuk manajemen air balas kapal sesuai aturan yang dikeluarkan IMO dalam Ballast Water Management Convention (BWMC) yang telah diratifikasi oleh Pemerintah Indonesia. 

“Sesuai Aturan IMO, tepat hari Jumat 8 September 2017 efektif diberlakukannya BWM Convention,  sehingga BKI, sesuai Perjanjian Kerjasama dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, atas nama Pemerintah Indonesia mulai melakukan survey dan proses sertifikasi manajemen air balas kapal”, ujar Direktur Utama BKI, Rudiyanto, di Jakarta, Jumat (8/9/2017).

Untuk itu, lanjut Rudiyanto, seluruh kapal yang berlayar di jalur pelayaran internasional harus melakukan pengelolaaan air balas dan sedimen sesuai dengan persyaratan dalam konvensi. Hal itu bermaksud untuk mencegah penyebaran organisme air ya…