Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Maret 19, 2017

KUPP LABUAN BAJO MAKIN DISIBUKKAN KUNJUNGAN KAPAL PESIAR

MANGGARAI BARAT[TitikKomaPost.com] Daya tarik wisata yang ada di Labuan Bajo nampaknya semakin tinggi, itu terbukti semakin ramainya wisatawan manca negara yang mengunjungi wilayah Indonesia bagian Timur itu. Hal ini diungkapkan Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Labuan Bajo, Usman kepada titikkomapost.com, Minggu (19/3/2017).

"Wisatawan asing makin banyak yang datang seperti pada hari ini ada 626 orang turis dari Darwin, Australia tiba di pulau Komodo dengan menggunakan kapal Cruis MS Sirena," ujar Usman.

Kapal Cruis MS Sirena GT 30.277 dengan panjang 180.5 yang diawaki 393 crew itu tiba di pulau komodo pada pukul 12.00 yang disambut oleh petugas gabungan syahbandar, imigrasi, bea cukai dan kantor kesehatan pelabuhan (KKP) untuk memeriksa wisatawan luar tersebut sebelum turun didermaga.

"Selain memeriksa dokumen diatas kapal cruis tersebut, petugas KKP juga memeriksa kesehatan turis yang dilakukan dr. Pina Yanti Pakpahan," jelas Usman. Selama kunjungan, wi…

OP TANJUNG PERAK DIHARAP MELEK ATAS TONASE TRUK MUATAN RO-RO

SURABAYA[TitikKomaPost.com] Nampaknya Standart Operation Procedur (SOP) untuk berat kendaraan muatan kapal penumpang jenis Roll On-Roll Of harus mendapat perhatian yang serius dari Otoritas Pelabuhan (OP) Tanjung Perak. Pasalnya kecelakaan kerja saat bongkar muat baik didermaga maupun diatas kapal masih sering terjadi.

Seperti yang terjadi pada saat kapal KMP Legundi milik PT ASDP tujuan Surabaya - Lombok memulai kegiatan muat di dermaga Jamrud utara, pelabuhan Tanjung Perak salah satu truk yang hendak naik keatas kapal mengalami kecelakaan tepat didepan pintu rumpdoor. Truk jenis tronton bernopol DR 8977 AB alami patah per sebelah kiri belakan, hal itu disebabkan muatan tiang beton yang diangkut ditengarai melebihi tonase sehingga truk terhenti sehingga sempat membuat kegiatan muat terhenti.

"Per sebelah kiri belakang truk patah mas, jadi terpaksa kapal harus digeser ke belakang sekitar 10 meter agar kegiatan muat bisa berjalan," aku Manajer Operasi PT ASDP Cabang Surabaya, W…