Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Desember 30, 2016

BERMASALAH SAAT EVAKUASI TONGKANG UTAMA 9 BERAKHIR TENGGELAM

GRESIK[TitikKomaPost.com] Diduga bermasalah saat evakuasi, tongkang Utama 9 yang bermuatan kayu logs sebanyak 666 batang asal Sampit yang sempat terhantam ombak di posisi 06*.53'.698" / 1128*.43'.656" akhirnya tenggelam di Bouy 4 Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) dimana sebelumnya muatanya sempat berhamburan ke laut minggu lalu.

Kepala Kantor Kesyahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas II Gresik, Capt. Hermanta mengatakan kalau sebelumnya telah melakukan teguran kepada pihak agen PT Bahtera Setia terkait upaya evakuasi tongkang yang mengangkut kayu logs tersebut.

"Maaf mas kita sudah tegur keras untuk segera koordinasi sehinggasaya turun sendiri kelapangan mulai jam 05.00 Wib pagi untuk evakuasi. Hari ini meeting dengan seluruh unsur termasuk asuransinya untuk aksi segera," ujar Hermanta, Kamis, (29/12/2016).

Menurut Hermanta, upaya yang telah dilakukan untuk melakukan evakuasi terhadap tongkang Utama 9 selama dua hari tidak membuahkan hasil, pasalnya…

OTORITAS PELABUHAN TANJUNG PERAK TUTUP MATA OVER TONASE TRUK MUATAN KAPAL

'BEBAN BERLEBIH TRUK BERPOTENSI TERHADAP KESELAMATAN PELAYARAN'

SURABAYA[TitikKomaPost.com] Permasalahan yang menyelimuti muatan kapal Ro-Ro nampaknya hingga kini belum diseriusi oleh Pemerintah khususnya dalam hal ini Kantor Otoritas Pelabuhan, hal itu terlihat dalam operasional di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya yang lolos dari pengawasan. Pasalnya masih banyak ditemukan truk-truk muatan kapal Ro-Ro melebihi dari tonase kapasitas yang tertera pada tanda uji kir kendaraan tersebut.

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak, Chandra Irawan mengakui kalau pihaknya saat ini hanya menetapkan dalam Standart Operasional Prosedur (SOP) muatan kapal Ro-Ro hanya sisi tingginya muatan saja yang dipatok 4 meter sedang untuk berat muatan disetiap truk belum diatur.

"Memang untuk berat muatan truk belum ada aturanya. Namun kalau muatan kontainer sudah ada aturan berat maksimalnya. Sepertinya perlu kita bahas itu," ujar Chandra kepada titikkomapost.com, Jum'at (30/1…

SOLUSI LAKA LAUT SYAHBANDAR PERAK UTAMAKAN PENYELESAIAN DAMAI ANTAR PIHAK

SURABAYA[TitikKomaPost.com] Dalam melakukan penanganan terhadap peristiwa kecelakaan di laut, Syahbandar Tanjung Perak hingga dipenghujung tahun 2016 ini secara kwantitas jumlah insident bila dibandingkan tahun 2015 menurun. Namun secara kwalitas jauh lebih baik dari sisi penanganannya yang lebih cenderung bisa diselesaikan secara pendampingan mediasi sehingga tidak harus masuk kerana hukum.

Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, Capt. Hari Setyobudi mengatakan, Jadi kalau kita runtut lagi di tahun 2016 ada beberapa kejadian yang sudah ditangani seperti KM Wihan, kapal Tanto Hari hingga penanganan korban tabrakan MV Tyson 4 dengan Kapal Nelayan Mulya Jati yang mengakibatkan 15 nelayan Juana meninggal mampu dimediasi hingga kedua belah pihak berdamai. Dan beberapa lokasi yang di curigai adanya terpedo peninggalan masa dulu di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) sebagian besar sudah terangkat dengan melibatkan TNI Angkatan Laut.

"Kondisi alur APBS tetap menjadi target ut…

DUKUNG TOL LAUT, 2016 ADILUHUNG TUNTASKAN 3 KAPAL PESANAN KEMENHUB

SURABAYA[TitikKomaPost.com] Sebagai salah satu perusahaan galangan kapal dalam negeri, PT PT Adiluhung Saranasegara Indonesia (ASSI) Shipyard sangat memegang komitmen dalam menjaga kepuas pelanggan, itu dibuktikan dalam menyelesaikan semua pesanan pembuatan kapal yang digarapnya di tahun 2016. Tak terkecuali dengan kapal-kapal pesanan pemerintah yang dipercayakan kepadanya untuk mendukung program TOL LAUT (Maritime Highways), hal itu diungkapkan Direktur Utama (Dirut) PT Adiluhung Saranasegara Indonesia (ASSI) Shipyard, Anita Puji Utami kepada titikkomapost.com, Jumat (30/12/2016).

"Komitmen Adiluhung berperan aktif sebagai motor penggerak dalam pengembangan industri maritim Indonesia, itu dibuktikan dengan menerima kepercayaan dari pemerintah untuk mengerjakan kapal-kapal guna mensukseskan program Tol Laut yang digagas Presiden Jokowi," tutur Anita.

Merefleksi kinerja tahunan untuk produksi kapal sepanjang 2016, Anita mengutarakan, galangan yang berlokasi di Bangkalan, Madura…