Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Juni 1, 2016

DORONG PERAN STAKEHOLDER MELALUI MAJELIS BKI KEMBANGKAN STRATEGI JASA KLASIFIKASI

JAKARTA[TitikKomaPost.com] Guna meningkatkan pelayanan dalam rangka menuju Wolrd Class Society, PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) bentuk Majelis BKI. Hal itu dilakukan untuk mendorong peran aktif pemangku kepentingan agar memberi masukan dan rekomendasi kepada BKI dalam menyusun rencana dan strategi pengembangan jasa klasifikasi. 

Organisasi Majelis ini adalah common practice di badan klasifikasi dunia dengan nama lain yaitu assembly, council, board of truestee dll. Di tataran operasional terdapat organisasi yang dinamakan Komite Teknik dan Komite Klasifikasi yang telah terbentuk sebelumnya di BKI. Keberadaan organisasi ini sejalan dengan persyaratan mengenai Governance and Ownership interest berkaitan dengan independensi badan klasifikasi dalam kriteria 5.a. dan 5.b. persyaratan keanggotaan Association of Asian Classification Society (ACS) dan kriteria iv persyaratan definisi sebagai badan klasifikasi di International Association of Classification Society (IACS).
Majelis BKI be…

OP TANJUNG PERAK GANTI SOP RO-RO DI LAWAN AKSI PROTES SUPIR TRUK

SURABAYA[TitikKomaPost.com] Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak lakukan penertiban muatan truk – truk yang hendak naik ke atas kapal Ro-Ro KM Kirana IX dengan tujuan pelayaran pelabuhan Makassar dan KM Dharma Kencana VIII yang akan berlayar ke pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Rabu (1/6/2016) sekira pukul 19.00WIB.

Pelarangan itu dipicu karena mayoritas truk memiliki muatan yang tingginya dianggap melampaui batas aturan Standart Operasional Prosedur (SOP) yang diterbitkan oleh Kantor Otoritas Pelabuhan (OP) Utama Tanjung Perak dengan batas ketinggian 3.8 meter sesuai dengan peraturan SOP nomor. HK.208/02/10/OP.TPr-16 tanggal 21 April 2016. Hal itu diakui Dody Triwahyudi, Kepala Bidang lalulintas Laut (Kabidlala) Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya bahwa pihaknya saat ini sedang melakukan penertiban muatan truk yang hendak naik keatas kapal di dermaga jamrud Utara dikarenakan tinggi muatan sudah melampaui portal ukuran yang diberlakukan.

"Kami lakukan p…