Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Januari 21, 2016

KEPALA OP TANJUNG PERAK BUKA PEMBEKALAN KONSESI DENGAN PELINDO III

SURABAYA[TitikKomaPost.com] Bekali para kepala Syahbandaran dan Otoritas Pelabuhan dan General Manager dilingkungan PT Pelindo III, Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya membuka pelaksanaan bimbingan teknis pelaksanaan konsesi yang akan dilakukan di wilayah masing-masing di seluruh Indonesia, Rabu (20/1/2016) di Hotel Crown Prince Surabaya.

Menurut Adolf Richard Tambunan, Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya hal itu dilakukan guna menindak lanjuti peraturan menteri perhubungan nomor PM 166 tahun 2015 tentang perubahan PM 15 tahun 2015 tentang Konsesi dan bentuk Kerjasama dengan Badan Usaha Pelabuhan dibidang kepelabuhanan, untuk itu dipandang perlu memberikan pemahaman dalam kebijakan konsesi antara penyelenggara pelabuhan dengan Badan Usaha Pelabuhan (BUP).

"Ini sebagai kelanjutan dari penanda tanganan yang telah dilakukan tiga otoritas pelabuhan utama terkait konsesi atau perjanjian pemberian izin pengusahaan pelabuhan kepada Pelindo I, III, d…

EKONOMI TIDAK STABIL TPS HANYAK NAIK 1 %

SURABAYA[TitikKomaPost.com] Kondisi perekonomian yang masih dalam keadaan labil membuat nilai tukar mata uang Rupiah di dunia Internasional melemah, hal ini akan sangat berdampak pada turunya realisasi capaian produksi handling peti kemas (throughput) di Terminal Peti kemas Surabaya (TPS). Itu terbukti hingga pertengahan 2015 volume peti kemas domestik dan internasional mengalami penurunan.

"Tapi sebenarnya, masih ada peningkatan, ditengah kondisi perekonomian yang belum stabil, meskipun prosentasenya kecil," kata Kepala Humas PT TPS, M. Soleh dalam keterangan persnya, Rabu (201/1/2016).

Menurutnya Soleh, kenaikan yang hanya sebesar 1% tersebut tetap menunjukkan kinerja perusahaan terjaga dengan baik. Sebab, sampai akhir 2015, secara umum anak usaha PT Pelindo III dibidang bongkar muat peti kemas tersebut masih menguasai 92,61% pasar peti kemas internasional.

"Begitu juga dengan arus peti kemas domestik, walaupun kecil tetap ada peningkatan dibanding tahun 2014," tand…