Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari November 29, 2015

PROFESIONALISME KEPELABUHANAN OP MAKSSAR SIAP KAWAL KONSESI DENGAN PELINDO

MAKASSAR[TitikKomaPost.com] Otoritas Pelabuhan Utama Makassar siap laksanakan perjanjian konsesi dengan PT Pelindo IV (Persero) pasca penandatanganan bersama tiga OP Utama dengan tiga Badan Usaha Pelabuhan (BUP) milik BUMN lainya di Jakarta beberapa waktu lalu. Hanya saja pihaknya masih menunggu petunjuk teknis dari pusat kata I Nyoman Gde Saputra selaku Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Makassar.

Menurut Nyoman, pihaknya sudah mempersiapkan segalanya terkait perjanjian konsesi dengan pihak pelindo IV nantinya. “Tunggu petunjuk teknisnya dari pusat baru kita bisa lakukan konsesi khususnya tentang waktu atau lamanya konsesi dan nilai satuannya,” tuturnya.

Lanjut Nyoman, konsesi harus dilaksanakan, hal itu sesuai dengan apa yang telah tertuang di dalam pasal 92 Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran. Dengan dasar itu, pelindo IV dapat melaksanakan pengusahaan pelabuhan pada seluruh fasilitas pelabuhan sesuai dengan Rencana Induk Pelabuhan (RIP). Disamping itu, konsesi tersebu…

SOP KAPAL RO-RO LAHIR APAKAH BISA HAPUSKAN ' PUNGLI ' DI PELABUHAN

SURABAYA[TitikkomaPost.com] Dampak keruwetan jalannya aktivitas bongkar muat barang di pelabuhan Tanjung Perak khususnya di kapal Ro-Ro tak terlepas dari aturan yang mendasarinya. Pasalnya selama kurun waktu 2012 sampai saat ini Standart Operating Procedure (SOP) yang diberlakukan tidak sesuai dengan tupoksi dari instansi yang seharusnya mengeluarkan sehingga tak jarang terjadi konflik dengan pihak pengguna jasa terlebih ditandai dengan adanya musibah kecelakaan kapal KM Wihan Sejahtera yang terkait erat dengan amburadulnya tonage muatan truk-truk yang ada.Hal itu diakui Kepala Seksi Fasilitas dan Pengawasan Operasional Pelabuhan Kantor Otoritas Pelabuhan (KOP) Tanjung Perak Surabaya, Melfin Sirait.

"Ternyata selama ini sekitar 2012 sampai saat ini SOP yang berlaku dipelabuhan itu dikeluarkan oleh pihak Polres Tanjung Perak, seharusnya sesuai tupoksi Otoritas Pelabuhanlah yang membuatnya," ujar Melfin, Jumat (27/11/2015) saat ditemui di ruang kerjanya,

Sehingga menurut Dia, O…