Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari November 21, 2015

DUGAAN SEMENTARA KM WIHAN SEJAHTERA HUMAN ERROR

 "Lasing Muatan Yang Tidak Sempurna Pengaruhi Keseimbangan Kapal"

SURABAYA[TitikKomaPost.com] Tenggelamnya KM Wihan Sejahtera, kapal Roll on-Roll off atau Ro-Ro milik PT Trimitra Samudra, masih dalam penyelidikan pihak Komite Nasional Keselamatan Pelayaran (KNKT), meski penyebab pasti belum ditemukan, dugaan akibat kesalahan manusia (human error) nampaknya mengapung dipermukaan pendapat beberapa pihak.

"Nahkoda sudah melenceng daripada jalurnya. Dan ini murni human error (kesalahan manusia). Saya tidak tahu mengapa bisa melenceng, tapi penyebab kecelakaan tentu saja diselidiki KNKT (Komite Nasional Keselamatan Pelayaran)," ujar Bambang Haryo, Anggota Komisi VI DPR RI disela pertemuan dengan pimpinan operator dan regulator Pelabuhan Tanjung Perak di kantor Syahbandar Utama Tanjung Perak, Jumat (20/11/2015).

Menurut Bambang Haryo, dari hasil pemamparan simulasi kecelakaan KM Wihan Sejahtera oleh Syahbandar, nyata Asep Hartono sebagai nakhoda telah mengabaikan aturan ba…

BOKING DUA GADIS ANGGOTA DEWAN PASURUAN NGRINGKUK DI PENJARA

SURABAYA[TitikKomaPost.com] Belum genap dua tahun menjabat, Indra Iskandar sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pasuruan dengan 'kendaraan' politik Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu telah mencedrahi institusi agung sebagai wakil rakyat yang diamanahkan kepadannya.

Sayangnya, Indra Iskandar yang baru kali pertama menjadi anggota dewan itu telah menorehkan tinta kelam bagi ‘kedinastian’ nya sendiri dengan berulah mengonsumsi sabu-sabu. Buktinya, ulah buruk Indra yang juga adik Ketua DPRD Pasuruan, Ismail Marzukie ini tertangkap Satuan Reserse Anti Narkoba (Satresnarkoba) Polrestabes Surabaya karena kedapatan membawa narkoba, jenis sabu-sabu dan ekstasi pada, Rabu (18/11/2015) siang di Hotel Somerset, Jl Dukuh Kupang Surabaya.

Ironinya, mantan kontraktor tersebut juga menyewa dua model cantik dari Bali, asal Jawa Tengah, untuk menemani Indra, sekaligus menjadi pelampias birahinya. Dua perempuan muda yang belakangan diketahui bernama Citra dan Santi itu sengaja di…

OTORITAS PELABUHAN SIAPKAN SOP KAPAL RO-RO

SURABAYA[TitikKomaPost.com] Kejadiaan tenggelamnya kapal Ro-Ro Wihan Sejahtera sudah sepatutnya menjadi cermin penertiban aturan keselamatan berlayar untuk kedepannya, hal itu diungkapkan oleh Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya, Ir. Sugeng Wibowo, yang merasakan masih adanya praktek nakal dari pelayaran dalam membuat data muatan kapal sehingga akan sangat berdampak pada kesetabilan kapal. Untuk itu, sebagai pemangku aturan di wilayah khususnya pelabuhan, pihaknya akan mempersiapkan aturan yang jelas melalui Standart Operaional (SOP).

"jajaran instansi yang terkait di pelabuhan sudah mempersiapkan diri membahas untuk kedepanya akan memberlakukan SOP terkait muatan kapal-kapal Ro-Ro guna mencegah penumpang gelap, dimana selama ini banyak sekali cela dan pintu yang dapat menyebabkan terjadinya penumpang gelap," tutur Sugeng Wibowo saat ditemuhi di ruang kerjanya

Sikap tegas dari seluruh komponen perhubungan di pelabuhan, baik Otoritas Pelabuhan, Kesyahbandar…