Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari November 9, 2015

KAPAL PENGAWAL JOKOWI TERANCAM TAK BISA SANDAR

SURABAYA[TitikKomaPost.com] Kapal Negara (KN) Trisula P.111 untuk mengawal Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang direncanakan lakukan kunjungan ke Madura, Jawa Timur diperkirakan alami kesulitan sandar di dermaga Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Pasalnya air laut kolam tanjung perak pada hari, Selasa (10/11/2015) besok terjadi surut.

"Minimal draft/kedalaman air antara 3,5 - 4 meter dari permukaan. Sekarang, baru 2,5 meter (kedalaman, red) karena air surut," kata Kepala Bagian TU/Humas Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Marzuki disela koordinasi internal Kesyahbandaran, Senin (9/11/2015).

Kekhawatiran gagal sandar KN Trisula itu didasarkan pada bahwa hingga pukul 16.00, senin (9/11/2015) kondisi air kolam tanjung perak berada diposisi minim, sehingga akan mempengaruhi untuk penyandaran kapal. Sedangkan, perkiraan air di kolam Pelabuhan Tanjung Perak mulai normal/pasang akan terjadi pada esok hari, Selasa (10/11/2015).

"Informasinya, kapal sudah m…

TIGA PELINDO SEPAKAT DALAM KONSESI DENGAN TIGA OTORITAS PELABUHAN UTAMA

JAKARTA[TitikKomaPost.com] Tiga Badan Usaha Pelabuhan (BUP) milik BUMN kepelabuhanan, yaitu PT Pelindo I (Persero), PT Pelindo III (Persero), dan PT Pelindo IV (Persero) melakukan penandatanganan perjanjian konsensi pengusahaan pelabuhan dengan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama, Belawan, Tanjung Perak, dan Makassar guna peningkatan pengelolahan dan pengembangan pelabuhan.

"Konsesi atau perjanjian pemberian izin pengusahaan pelabuhan tersebut dimaksudkan bahwa pemerintah memberi hak kepada Pelindo I, III, dan IV sebagai Badan Usaha Pelabuhan atau operator pelabuhan," kata Menhub Jonan, seusai menyaksikan langsung penanda tanganan itu di Jakarta, Senin (9/11/2015.

Dengan di sahkannya konsesi tersebut maka Pelindo I, III, dan IV dapat melaksanakan pengusahaan pelabuhan pada seluruh fasilitas pelabuhan sesuai dengan Rencana Induk Pelabuhan (RIP), hal itu sesuai dengan apa yang telah tertuang di dalam pasal 92 Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran.

Sementara itu, Direktu…