Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Oktober 29, 2015

DERMAGA MASPION JEBOL DIHANTAM TONGKANG BATU BARA

GRESIK[TitikKomaPost.com] Dermaga Jetty pelabuhan TUKS Maspion jebol sepanjang 40 meter dihantam tongkang batu bara. Ironisnya batu bara sebanyak 770 ton milik PT Bringin terbakar karena suhu diarea perairan Gresik saat ini sangat panas sekali.

Kejadian itu sendiri bermula ketika tongkang SSA 308 yang di gandeng tug boat SSA 08 hendak sandar terdorong arus kuat dan tidak bisa dikuasai sehingga membentur dermaga, Kamis (29/10/2015) pagi hari. Hal itu dibenarkan oleh kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Gresik, Capt Dahlan.

"Tongkang larat dan menghantam dermaga," ujar Dahlan saat ditemui di kantornya, Kamis (29/10/2015) siang.

Namun ketika dikonfirmasi lebih lanjut terkait kejadian tersebut, orang nomor satu dijajaran KSOP Gresik itu enggan berkomentar dan berusaha mengalihkan pembicaraan seraya memasuki ruangan kantornya. Tongkang SSA 308 milik/ keagenan PT Rejeki Sentosa Shipping yang bermuatan batu bara 7700 ton asal Kintab Kalimantan itu rencanannya akan di bawa ke d…

DORONG INDUSTRIALISASI INDONESIA TIMUR DAN PENGEMBANGAN PELABUHAN BARU

"Berharap Tidak Berdampak pada Pelabuhan Yang Ada"

SURABAYA[TitikKomaPost.com] Konsep pemerintah mengembangkan industri yang terpadu dengan pelabuhan makin kuat, hal ini terlihat dari konsep akan dikembangkan 24 pelabuhan di seluruh wilayah Indonesia. Upaya itu sejalan dengan Program Presiden Joko Widodo mengembangkan Tol laut dan pembagunan disektor maritim.

Pertumbuhan industri secara nyata masih dirasa ada ketimpangan antara Indonesia wilayah Barat dan Timur. Hal itu terungkap dalam Konferensi Nasional Bisnis Maritim 2015, dimana dipaparkan oleh salah satu nara sumber, bahwa dibalik perkembangan dan bangkitnya bisnis lingkungan maritim, ternyata belum berjalan mulus karena biaya logistik yang cukup mahal/tinggi. Biaya logistik yang tinggi mengakibatkan terjadi ketidak seimbangan perekonomian ekonomi antara barat dan Timur.

"Tapi, di wilayah timur Indonesia butuh percepatan (industrialisasi, red). Saat ini, kesenjangan antara wilayah Timur dan Barat, antara Jawa dan…