Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Agustus 16, 2015

LAMBANG PKI PALU ARIT HANYA TEMA KARNAVAL PAMEKASAN

PAMEKASAN[TitikKomaPost.com] Bupati Pamekasan, Achmad Syafii mengklarifikasi beredarnya pemberitaan pada kegiatan karnaval dalam rangkaian HUT RI ke 70, terkait adanya logo palu dan arit khas Partai Komunis Indonesia (PKI), Minggu (16/8/2015).

Bupati Achmad Syafii didampingi langsung oleh Kapolres AKBP Sugeng Muntaha, Dandim 0826 Letkol Arm Mawardi, Ketua Pengadilan Negeri (PN), Bambang H Mulyono, serta sejumlah forum pimpinan daerah (Forpimda) Pamekasan.

Dari klarifikasi tersebut, sebanyak 7 poin disampaikan bupati Pamekasan itu. Bila kegiatan karnaval itu hanya diikuti pelajar, pengawai negeri lingkup Pemda, dan unsur TNI dan tidak melibatkan peserta umum.

"Tema kegiatan memang ditentukan oleh panitia lomba. Yakni berkaitan dengan 10 tonggak sejarah perjuangan bangsa Indonesia, dari zaman pra kemerdekaan sampai sekarang. Salah satu tema tersebut adalah pemberontakan G30 S/PKI," ujar Achmad Syafii, Bupati Pamekasan.

Aksi karnaval itu digambarkan dengan penampilan teaterikal te…

1945 LAMPION HIASI LANGIT BANYUWANGI SAMBUT HUT RI - 70

BANYUWANGI[TitikKomaPost.com] Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas bersama-sama ribuan warga menikmati ratusan tumpeng yang digelar di sepanjang jalan pendopo kabupaten sebagai rangkaian peringatan HUT kemerdekaan RI ke 70 dan ditutup dengan pelepasan lampion keudara sebanyak 1945, Minggu (16/8/2015).

Abdullah Azwar Anas mengatakan, ini adalah sebagai ungkapan rasa syukur dapat menikmati kemerdekaan hingga 70 tahun ini. "Agenda tumpengan memang rutin kita gelar setiap tanggal 16 Agustus untuk mengenang perjuangan para pahlawan sekaligus mendoakan mereka. Makanya kami selalu mengundang para veteran, purnawirawan dan istri-istri pejuang," tuturnya.

Namun dalam pelaksanaan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tasyakuran tahun ini digelar di ruang terbuka. Tidak lagi di dalam pendopo kabupaten. "Ini maksudnya agar semua kalangan masyarakat berkumpul dan duduk bersama tanpa batasan. Namun, tetap dengan satu tujuan yakni mendoakan Indonesia dan Banyuwangi agar sema…

1000 LILIN DAN AROMA DUPA DALAM REFLEKSI HUT RI KE 70 WARGA SUMENEP

SUMENEP[TitikKomaPost.com] Seribu lilin sengaja dibakar ratusan Warga RT 01/RW VI Perumahan Pondok Indah, Desa Kolor, Kecamatan Kota Sumenep, Madura, Jawa Timur saat menggelar refleksi Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-70, tahun 2015.

Warga yang mengenakan pakaian serba putih itu menyalakan lilin disanding dupa yang dibakar hingga menyeruak di tengah kerumunan warga. Iringan musik perjuangan dan lantunan sair-sair renungan yang disampaikan Ketua RT 01 RW 06, Ibnu Hajar, menambah kekhusuan warga dalam mengenang perjuangan para pahlawan yang sudah gugur membela bangsa dan negara.

Ibnu Hajar, dalam sambutannya mengatakan sengaja menggelar malam refleksi HUT RI ke-70, bukan resepsi seperti yang dilaksanakan ditempat-tempat lain. "Kenapa refleksi, bukan resepsi, karena merupakan bentuk perenungan atau tadabbur kita kepada para pahlawan yang telah gugur," ujarnya, Minggu malam (16/8/2015).

Ibnu menjelaskan, refleksi HUT RI diadakan setiap tahun, namun bentuknya selalu…

TAK HILANGKAN ARTI KEMERDEKAAN WONG PERAK RAYAKAN HUT RI KE 70 DENGAN KESEDERHANAAN

SURABAYA[TitikKomaPost.com]Tak mengurangi arti kehikmatan untuk memperingati HUT Republik Indonesia (RI) ke 70, warga teluk bone baru kelurahan Perak Utara Kecamatan Pabeancantian, Surabaya melaksanakan dengan sederhana tasyakuran di halaman Masjid Al Muhajirin, Minggu (16/8/2015) malam.

Ketua rukun warga (RT) 8 RW2, Luluk Sujatmiko membuka sambutannya dengan membacakan sambutan resmi walikota Surabaya, bahwa seluruh warga harus bisa kerja keras dengan penuh keihklasan seperti yang ditunjukkan oleh para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Dia mengingatkan bahwa tema proklamasi kali ini adalah 'Ayo Kerja'. "Untuk itu, marilah kita memaknahi kemerdekaan ini dengan selalu berperan aktif dalam mengisi pembangunan," ajaknya seraya menutup kutipan kertas sambutan Walikota Surabaya.

Sementara itu, salah satu sesepuh kampung, Hj. Siti Sulastri seraya mengajak para hadirin yang hadir bersama meneriakkan pekik 'Merdeka....merdeka...merdeka'. Dia berpes…