Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari April 10, 2015

PBM PELINDO PERAK LAKUKAN PEMBONGKARAN 3 UNIT RTG IMPOR

SURABAYA[TitikKomaPost.com] Tiga unit electrik Rubber Tyred-Gantry (RTG) yang dimuat kapal berbendera Hongkong, MV. Sinocean Hope dibongkar di Dermaga Jamrud Utara, sekitar pukul 02.40, Jumat (10/4/2015) dini hari. Ketiga unit RTG milik salah satu perusahaan pelayaran tersebut dibongkar Perusahaan Bongkar Muat (PBM), PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak Surabaya.

“Tiga unit electrik RTG itu diimpor dari China,” ujar Kahumas Pelindo III Tanjung Perak, Dhany R. Agustian, Jumat (10/4/2015).

Dhany mengatakan, ketiga unit RTG tersebut dibongkar dengan menggunakan 1 unit Harbour Mobile Crane (HMC) dan 1 unit crane kapal. Sistem pembongkarannya dengan truck lossing dan langsung dikirim ke lapangan penumpukan milik PT Meratus di Jl Prapat Kurung. “Waktu kegiatan bongkar ini diperkirakan selesai dalam tiga hari,” jelasnya.

Menurut Dhany, kegiatan bongkar RTG ini merupakan kegiatan bongkar General Cargo perdana di tahun 2015 yang dilakukan PBM Pelindo III. RTG tersebut dikirim dalam bentuk knock do…

OPERASIONAL KA KONTAINER AKAN BERDAMPAK PADA ANGKUTAN TRUK PETIKEMAS

SURABAYA[TitikKomaPost.com] Operasional kereta api logistik (Kalog) yang baru saja diresmikan Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Ignasius Jonan, Kamis (9/4/2015) lalu di Terminal Petikemas Surabaya (TPS) akan membawa dampak bagi kehidupan bisnis jasa angkutan darat lainya, hal ini akan sangat dirasa sekali oleh truk-truk kontainer khususnya diwilayah pelabuhan Tanjung Perak. Para pebisnis angkutan petikemas yakin dengan hadirnya kalog yang dioperasikan PT Kereta Api Indonesia (KAI) sedikit banyak bisa mempengaruhi sisi operasional truking yang berakibat pada pendapatan.

“Sepertinya tidak terlalu menggerus usaha lain, seperti angkutan truk kontainer. Tapi, kalau soal dampak, pastinya tetap ada, tapi tidak signifikan,” kata Ketua Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda) Khusus Tanjung Perak Surabaya, Kody Lamahayu mengomentari efek langsung maupun tidak langsung bagi pelaku usaha jasa angkutan truk petikemas pada wartawan, Jumat (10/4/2015).

Lanjut Kody, beroperasinya Kalog atau kereta…