Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari September 13, 2014

15 JAM TERLANTAR DI DERMAGA ASDP 400 SAPI ASAL BIMA LEMAS DIATAS KLM HASTA

"Sulitnya Sandar Akibat Bibir Alur Kalimas Mampet"

SURABAYA[TitikKomaPost.com] Sebanyak 400 ekor asal Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) terlantar di muara alur masuk dermaga pelabuhan rakyat (Pelra) Kalimas. Ratusan ekor sapi yang diangkut menggunakan kapal KLM Hasta tersebut terkatung-katung di atas kapal kayu yang sandar di sisi timur persis di landasan LCT dermaga penyeberangan ASDP, Sabtu (13/9/2014).

Ratusan sapi yang tiba di dermaga kalimas sekitar pukul 02.00 Wib dini hari dari perjalanan pelayaran semigguan itu terpaksa menunggu antrian karena kapal yang mengangkutnya tidak bisa masuk di dermaga Kalimas. Hal ini dikarenakan bibir alur pelabuhan Kalimas tertutup rapat oleh kapal-kapal yang hendak masuk.


Salah seorang peternak sapi yang mengawaki sapinya dari Bima hingga Surabaya itu mengeluhkan pada titikkomapost.com saat ditemui di dermaga ASDP,"Perjalanan sapi-sapi kami sekitar delapan hari ini pak, karena panasnya cuaca hingga dua sapi mati ditenggah perjalanan sa…

KERUWETAN PENATAAN KAPAL MASUK KALIMAS MAKIN MENJADI

"Gagalnya Penataan Disinyalir Adanya Ajang Pungli Petugas Syahbandar"

SURABAYA[TitikKomaPost.com] Kondisi pelabuhan Kalimas yang ruwet sampai saat ini belum terlihat adanya upaya untuk melakukan penataan dan penertiban. Penumpukan kapal-kapal besi di muara Kalimas hingga menghambat alur keluar masuknya ke dermaga yang seyogyanya sebagai pelabuhan kapl-kapal kayu tradisonal (pelayaran rakyat). Tak pelak keadaan ini membuat pelayaran tradisonal menjadi semakin terpuruk.

wajah keruwetan pelabuhan Kalimas tersebut memang bukan hanya terlihat sepekan dua pekan ini saja, tapi sudah berlangsung cukup lama. Padahal, pelabuhan tersebut sesungguhnya diperuntukan bagi kapal-kapal tradisional, seperti Kapal Layar Motor/Perahu Layar Motor (KLM/PLM) dan Kapal Motor (KM) dengan panjang keseluruhan maksimum 55 meter.

Masuknya kapal-kapal besar di Kalimas sangat mengganggu keluar masuknya kapal tradisional. Apalagi kondisi kalimas dipengaruhi pasang surut air, ditambah lagi saat ini sedang musi…