Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Desember 18, 2013

Limbah B3 Ancam Biota laut Yang Ada Dalam Kolam Mirah

SURABAYA[TitikKomaPost.com] Tumpahan limbah B3 dari kapal kayu Primkopal II akibat tertabrak oleh kapal LCT Adinda Hira di dermaga Mira, Selasa (17/12/2013) pukul 22.20 Wib kemarin menyisahkan masalah yang belum diselesaikan oleh pihak Syahbandar selaku pihak yang berwenang untuk menanggulangi pencemaran limbah tersebut.

Hasil pantauaan team monitoring Lembaga Swadaya Masyarakat JP LiMa di lapangan masih melihat belum maksimalnya upaya yang dilakukan walaupun lokalisir dengan pemasangan Oil Boom dan penyiraman Dispersent sudah dilakukan, hal ini masih tampak terlihat genangan limbah B3 tersebut yang menyebar kemana-mana berada dibawah kapal-kapal yang sedang sandar di sekitarnya hingga ketengah kolam Mirah.

Hardi Utomo, Kasi Penjagaan dan Patroli Perairan, Kantor Kesyabandaran Utama Tanjung Perak Surabaya, ketika ditemui TitikKomaPost di tempat kejadian perkara (TKP) menjelaskan bahwa masalah limbah yang ditumpahkan kapal kayu Primkopal II sudah dievakuasi sesaat setelah terjadinya kece…

LCT ADINDA HIRA TABRAK KAPAL KAYU HINGGA TENGGELAM DI DERMAGA MIRAH

" Ketiadaan Kapal Tunda Disinyalir Sebagai Penyebab Kecelakaan "

SURABAYA[TitikKomaPost.com]
Kurangnya kapal tunda yang diperuntukkan membantu penyandaran kapal di pelabuhan Tanjung Perak kembali membawa dampak buruk bagi pelayaran Nasional.

Salah satu korban ketiadaan kapal tunda saat penyandaran kapal dialami LCT Adinda Hira yang hendak sandar di dermaga Mira Selasa 17/12/2013 pukul 22.20 mengalami kecelakaan laut dengan menambrak kapal kayu Primkopal II milik Primer Koperasi Angkatan Laut yang sedang sandar melakukan aktivitas bongkar muat limbah B3hingga tenggelam. Akibat kejadian itu seluruh muatan kapal kayu berupa limbah oil bekas itu tumpah ke laut dan mencemari kolam dermaga Mira, bahkan mengalir hanyut ketengah walau sudah di lokalisir dengan mengunakan Oil Boom oleh pihak syahbandar Tanjung Perak malam itu juga.


Deni R Boymau, Kabid Lala Operasi dan Usaha Kepelabuhanan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya, Menurutnya ketiadaan kapal tunda yang seh…